Nahkoda sebuah Kapal

by - September 29, 2016

Nahkoda sebuah kapal itu bernama pemimpin. Ia harus mampu mengarahkan kapalnya, dan memutuskan kemana kapal tersebut harus berlabuh. Ketika kapal tersebut di terjang ombak yang besar, pemimpin tersebut menjadi orang pertama yang paling bertanggung jawab atas kapal dan penumpang yanga ada di dalamnya. Sehingga, seorang nahkoda yang baik akan mencurahkan seluruh jiwa dan raga untuk berkorban demi orang yang di pimpinnya.

Pemilihan Gubernur DKI 2017 ini di ibaratkan sebagai proses pencarian Nahkoda sebuah Kapal yang bernama Jakarta. Para calon nahkoda berlomba-lomba mempersiapkan yang terbaik untuk mengarungi lautan tantangan di Jakarta.

Seorang pemimpin yang handal mampu mempengaruhi suatu kelompok untuk mencapai tujuan bersama, pemimpin bertugas untuk mengajak bawahannya bersama-sama saling bantu di dalam fungsinya masing-masing untuk mencapai tujuan bersama, tanpa adanya pengaruh dari diri seorang pemimpin mungkin bawahannya tidak akan melaksanakan tugas yang sudah diperintahkan oleh pemimpinnya.

Dalam prosesnya, pembelajaran tentang kepemimpinan tidak hanya di dapatkan melalui bangku pembelajaran saja, seorang pemimpin harus mempunyai pengalaman, serta softskill lain yang menunjang proses kepemimpinan.

You May Also Like

0 komentar