Kuliah di Manajemen UNJ

by - Januari 28, 2014

Assalamualaikum, Hayyy J
Posting ini ditulis untuk adik-adik yang lagi bimbang nentuin mau kuliah dimana, jurusan apa, dan segala macamnya. Semoga posting ini dapat membantu.


Manajemen? Untuk yang merasa punya latar belakang pendidikan IPA waktu SMA, aku rasa nggak ada salahnya kuliah jurusan manajemen. Aku sendiri waktu SMA juga dari jurusan IPA, ngerasa takut banget nanti ketemu pelajarannya. Ternyata, dosen pun mengerti kalau mahasiswanya nggak semua dari jurusan IPS/SMK yang udah ngerti pelajaran akutansi, ekonomi, dsb. Pas udah masuk jurusan ini, ternyata kamu nggak sendiri, banyak juga temen-temenmu yang dari jurusan IPA. Bahkan menurut kaka senior, yang dulunya dari jurusan IPA jadi semangat untuk berprestasi gitu. Dosen akutansi aku juga dulunya dia kuliah jurusan Kima gitu di UI, sekarang malah jadi dosen akutansi, hehe.


Nggak kerasa semester 1 udah berlalu aku kuliah di jurusan Manajemen, kuliah jauh lebih enak dari pada sekolah tapi kuliah itu jauh lebih capek dari pada sekolah. Hehe, kenapa aku bilang begitu? Karena kalau sekolah itu mata pelajarannya bejibun, sampe kira-kira 12 mata pelajaran tiap semester, kalau kuliah itu beda. Semester ini, aku cuma ada 7 matkul. Kuliah menurutku enak karena mungkin waktunya kali ya, sehari paling kita ada 1-2 matkul, kalo sehari cuma ada satu matkul enaaknya pake bingid. Kayak waktu aku pas semester satu, hari senin kan terkenal dengan hari mager segajad raya maybe ya, dan Alhamdulillah hari senin kelas ku cuma ada jadwal 1 matkul, dan itu jam 12.45 hehehehe surga banget kan.


Terus kalau kuliah itu terkadang ada dosen yang ngasih UAS take home, wahaha enak sekali kan take home. Nah dari cerita diatas, makanya aku fikir sayang banget kalo jadi mahasiswa yang kupu-kupu (kuliah pulang- kuliah pulang) atau kunang-kunang (kuliah nangkring- kuliah nangkring). Dari pada jadi kupu-kupu, mending kita ikut organisasi yang bermanfaat ya kan?


Oia, Manajemen ini masuk ke dalam Fakultas Ekonomi, manajemen itu ada macem-macem bentuknya kayak Manajemen Pendidikan yang masuk ke dalam Fakultas Ilmu Pendidikan, dan lain sebagainya. Fakultas Ekonomi di UNJ ini merupakan anak baru di sini, istilahnya mah masih anak bawang gitu kali ya. FE lahir pada tahun 2005, sebelumya FE ini bergabung sama FIS (Fakultas Ilmu Sosial). Di FE ini ada 3 Jurusan, yaitu ada EA (Ekonomi dan Administrasi) yang masanya paling buanyaak di FE, terus ada Akuntansi dan Manajemen. Karena aku kuliah dijurusan manajemen jadi aku mau jelasin tentang Manajemen aja ya..

            Nah, Manajemen itu sendiri di bagi jadi dua ada yang D3 Manajemen Pemasaran sama S1 Manajemen, kalau untuk S1 Manajemen itu sendiri ada 4 konsentrasi:
1.      Manajemen Keuangan (Finance)
2.      Manajemen Sumber Daya Mausia (SDM)
3.      Manajemen Pemasaran (Marketing)
4.   Bisnis Internasional (Nah kalo yang ini baru mau dibuka, karena katanya belum ada mahasiswa yang memenuhi criteria konsentrasi ini, sekalinya ada mungkin Cuma beberapa orang, hehe maybe)

Konsentrasi diatas itu baru kita dapet kalo kita udah masuk semester 5, jadi selama semester 1-4 kita masih umum, belum dikonsentrasikan. Oia untuk semester 1 ada 7 matkul, yaitu ada Statistik, Matematika Ekonomi, Pengantar Bisnis, Pengantar Ilmu Ekonomi, Akutansi, dan 2 Mata Kuliah Umum yaitu Pendidikan Agama, sama Bahasa Inggris. Nah itu kira-kira gambaran matkul kalo kamu nantinya mau masuk Manajemen.

Dosen-dosennya gimana kalau kuliah si? Soal dosen, dosen itu sangan variatif ya, beda dengan guru yang se-bader-apapun-anak-tetep-dikasih-nilai-bagus dosen itu ya bener-bener yang ‘ini saya kasih nilai segini, mau kamu ngulang apa nggak itu urusan kamu bukan urusan saya’. Nah jadi kita harus mengenal satu persatu dosen yang ngajar kita, dan mengerti apa yang beliau inginkan. Kayak contohnya dosen A mau kita itu aktif nanya, karena itu salah satu penilaian mereka, yaudah pas kita lagi pelajaran beliau kita aktif tuh diskusi, hehe menurut aku si begitu.


Oia di Manajemen ini kita belajar pakai dua bahasa; English dan Indonesia. Text Booknya ada yang full English kayak pelajaran-pelajaran Statistik, Pengantar Bisnis. Dosen yang ngejelasin juga pake power point bahasa inggris, tapi jangan takut dulu yaa dosennya ngejelasinnya gak full English kok, masih dicampur pake Bahasa Indonesia. Menurut aku, aku malah seneng kuliah pake Bahasa Inggris, karena aku mungkin salah satu anak yang males belajar bahasa inggris. Mungkin kalau dipaksa harus pake bahasa inggris, aku jadi bisa kali ya. Udah gitu, liat deh nanti di dunia kerja, pasti keterampilan bahasa asing itu sangat diperlukan. Jadi jangan takut untuk belajar pake bahasa inggris hehehe.


Btw mengenai text book, kalau kamu kenal sama kaka kelas mending minjem aja sama mereka tapi lebih bagus si emang beli. Soalnya buku-buku Manajemen bagus-bagus semua, dan tebel-tebel semua, hehehe. Tapi sayang buat kalian yang males baca terus beli nanti itu buku cuma buat bantal doang lagi, hehe. Tapi aku recommend untuk beli yaa, di pasar senen banyak yang kw kw an itu buku-buku, kalo beli yang aseli widihh mahal banget, ada yang sampe diatas sejutaan kemarin searching-searching di amazon.

Segitu dulu ya, sharing-sharing tentang manajemennya. Kalo ada yang mau tanya yuk silahkan mention aja ke @AisySarah :D *berasa apaa yaa aku ini* hehe.


Oiaaaa, Alhamdulillah ipk ku semester ini >3 jadi bisa ambil full sks deh, do’ain ya supaya kuliahku lancar dan lulus tepat waktu. Sukses untuk kaliaaan..
CAO!

You May Also Like

16 komentar

  1. wah keren, putsar pas baru semeseter 1 udah tau semua tentang unj.. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe alhamdulillah ka Ibnuuu, semoga bisa bermanfaat buat adik-adik yang mau masuk jurusan manajemen.

      Hapus
  2. kak mau tanya.kakak waktu ngambil jurusan manajemen pendidikan lewat jalur apa ya?aku kan anak ipa.trus bisa ga sih lewat jalur SNMPTN buat ngambil jurusan ini?

    BalasHapus
  3. Halo silffi, maaf baru balas, aku lewat jalun SNMPTN, waktu tahun aku anak IPA masih diperbolehkan untuk mengambil jurusan IPS :)

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Rizka, sebelumnya selamat yaa krn sudah masuk Manajemen hehe. Menurut pendapat aku, manajemen di UNJ bagus kok gakalah keren sama kampus sebelah hehe, mungkin karena kita bersyukur kali ya bisa ada didalamnya jadi apapun yang terjadi jadi terlihat indaah dan akusi coba untuk engga compare kampus aku sama kampus sebelah, karena pada dasarnya rumput tetangga emang selalu terlihat lebih hijau dari punya kita, tapi intinya i'm so proud to be a part of Management UNJ.

      Maaf yaa telat balesnya, gimana SBM atau SIMAKnya?
      Allaah knows best, semoga sukses. :D

      Hapus
  5. assallamualaikum ka , mau nanya dong SNMPTN unj jurusan ilmu manajemen nilai rata2'a minimal brapa ya ka ? kalo kaka wktu itu brapa nilai rata2'a SMA pas kelas 3 semester 1 . ?

    mohon dijawab ya ka makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaykumussalam Rayyan, wah aku kurang tau sistem penilaian di jalur SNMPTN de. Tapi kalau kamu kepo sama nilai rapot aku nanti aku share yaa, just mention me on twitter @PuteriSR :)

      Hapus
  6. wahhh, bagus nih artikelnya buat pengetahuan, adek adek yang masih SMA yang mau ngelanjutin kuliah, dan mau ngambil jurusan manajemen, jempol deh buat puteri sarah ramdani :D

    BalasHapus
  7. wahhh, bagus nih artikelnya buat pengetahuan, adek adek yang masih SMA yang mau ngelanjutin kuliah, dan mau ngambil jurusan manajemen, jempol deh buat puteri sarah ramdani :D

    BalasHapus
  8. Maav ka.. Aku kan smk tapi jurusan adm.perkantoran.. Tapi nanti aku kuliah mau ambil jurusan manajemen.. Bisa gak yah ka?
    Oiya masuk fakultas ekonomi lewat jalur prestasi olahraga bisa gak kak..?

    BalasHapus
  9. Rata rata tamatan manajemen ipk brapa dan selesai brapa tahunan

    BalasHapus
  10. Kak aku dri smk jurusan busana, nah aku ambil management bisnis. Rencananya sbmptn unj, apa nanti kita bisa buka usaha sendiri. Setelah lulus dri sini. Btw semoga masuk sih! Tpi aku akan selalu berusaha hehe

    BalasHapus
  11. kak, katanya kalo manajemen di unj sidangnya full pakai bahasa inggris ya?

    BalasHapus
  12. Kak kalo manajemen bljrnya ada yg pke bingg? Kalo ga ngerti dosennya ngmg apa gmna?:(

    BalasHapus
  13. Kak kalau boleh tau. Nanti kita kalau masuk ke manajemen, kita bisa milih konsentrasi manajemennya lagi ya?

    BalasHapus