Punya Mama kayak Mama

by - Desember 12, 2013

I was a foolish little child 
Crazy things I used to do

And all the pain I put you through
Mama now I'm here for you
For all the times I made you cry
The days I told you lies
Now it's time for you to rise
For all the things you sacrificed
-Maher Zain, Number One For Me-

Mama, semua orang pasti punya mama. Tapi saya ngerasa bahwa nggak semua orang di dunia ini yang punya mama kayak mama saya. Alhamdulillah, puji syukur saya dilahirkan dari seorang ibu yang amat sangat baik. Baik lahir maupun batin.
Kenapa saya bilang saya ngerasa bahwa nggak semua orang di dunia ini yang punya mama kayak mama saya? Itu karena saya sering mendengar cerita kalo mamanya tuh bawel, nyuruh-nyuruh terus, marah-marah terus. Haha bukan berarti mama saya gak pernah ngomel dan marah-marah, mama saya juga manusia biasa yang kadang suka kesel sama saya. Tapi saya tetep ngerasa kalau saya itu orang paling beruntung didunia karena punya mama kayak mama.

Saya ambil contoh dari salah satu kasus belakangan ini tentang betapa hebatnya mama saya xD
Hal itu bermula ketika saya pulang pkmj...
Seperti biasa setiap habis pulang dari mana-mana, mama saya langsung reflek apa gimana ya ngeluarin isi tas saya dan baju-baju kotor bahkan sampai sepatu atau sendal yang saya pakai dicuciin sama beliau. Dan kali ini saya berinisiatif  buat nyuci sendiri. Dengan cara...
Saya     : "Mah, tas put jangan di buka ya. Ada rahasianya."
Mama   : "Apaan si rahasianya neng?"
Saya     : "Yang namanya rahasia mah gak boleh dikasih tau, pokoknya jangan dibuka yaa."
Nenggggg, saya pun berangkat kuliah sengaja gak main-main dulu langsung rumah karena emang udah niat banget yaak mau nyuci.
Pas dirumah, tas udah kosong. Pakaian bekas pkmj yang banyak lumpurnya udah dijemur, bahkan sepatu dan kaos kakinya udah kinclong. Hahaha, i love her so much deh.
Terus langsung lari ke kamar emak sembari meluk-meluk gaje gitu, eh malah di bilang gini:
"HAHA MAMAH MAH UDAH APAL SAMA PUPUT. GAK MUNGKIN ADA RAHASIA, PALING MAH BAJU KOTOR" 
Hehe, sebegitu kenalnya beliau dengan anaknya :'>

Mama emang tau banget kelakuan anakknya ya, beliau mama paling baik.
Dulu pas SD, dari atas sampe bawah tuh disiapin sama mama. Setiap pagi di suapin sarapan, padahal beliau kerja dan selalu pulang malam. Tapi mama saya tuh selalu yaa ada waktu buat ngecek dan ngerapihin buku dan PR saya setiap malam.
Pas SMP, pas orang-orang udah nyuciin sepatu sendiri. Lah saya mah masih dicuciin, baiknya kebangetan emang mama saya ya. Sarapan setiap pagi masih disuapin, kadang masih suka dikuncirin.
Pas SMA, dari kelas satu sampai kelas tiga bahkan saya makan masih di suapin dan baju seragam masih digosokin dan dicuciin. Mama tuh gak mau banget yaa liat anaknya dekil, makanya baju putih saya tuh beeeh masih kinclong banget yak alias masih putih kayak baru padahal saya udah SMA tingkat akhir, gak ngerti deh gimana mama nyucinya.
Itu baru sedikit dari segunung bahkan lebih dari segunung kebaikan mama ke saya, dan mama ikhlas ngelakuinnya. Tapi sayanya aja yang kadang gatau diri..........heheehehhehe.
Kalau masalah uang jajan apa lagi, beuuhh cinta banget deh sama mama saya. Ya saya lahir dikeluarga sederhana, tapi kalau masalah uang jajan mah saya gak kalah sama temen-temen, ya bisa dibilang diatas rata-rata lah yaa. Gatau kenapa mama kalau mau kasih uang jajan selalu survey dulu lokasi kita belajar, kayak kemarin pas saya masuk kuliah. Mama pasti ngajak saya makan dikantin, terus dia perkirakan deh uang jajan saya yang pas semana, dan alhamdulillah lebih banget ya. Emang, mama paling pengertian deh 

Dan dalam masalah agama, beuh mama alhamdulillah lumayan jago buat ngajarin anak-anaknya. Dan suara mama tuh bagus yaa kalau ngaji, dulu masih kecil suka minta mama shalawatan kalau nggak bisa tidur. Abis suaranya enak banget, bikin nyaman. 
Dan masih banyak lagi kebaikan mama yang kalau saya gendong dia naik-turun gunung juga gak bakal bisa ngebales jasa-jasanya mama. 

Saat ini, saya nggak ngerti deh sama yang bilang mamanya jahat, gak pengertian atau apa. Mungkin itu karena kurang komunikasi yang baik aja kali ya. Semua mama didunia ini baik kok, kadang mungkin kitanya aja yang bikin mama suka dongkol. Btw, do'akan mama saya yaa, beliau sedang kurang enak badan. Semoga sakitnya ini bisa menjadi penggugur dosa-dosa kecil beliau.

"Dan apabila mata Ibumu sudah tertutup, maka hilanglah satu keberkahan di sisi Allah,  yaitu do'a dari seorang Ibu."
Jangan sia-siakan ibumu selagi masih ada waktu, jangan pernah membuatnya terluka. Kalau kamu lagi sebel sama ibu kamu, ingat bahwa ia rela mempertaruhkan nyawanya ketika ia melahirkan mu, ingat bahwa ibumu pasti selalu membawamu dalam setiap doa-doa yang ia panjatkan, ingat bahwa ibumu menjadi orang yang paling berjasa atas keberhasilanmu, ingat bahwa ibumu yang paling mengerti tentang dirimu. Dan ingat perkataan rasullullah tentang;  "Ibumu...ibumu...ibumu...lalu ayahmu."  :')

You May Also Like

0 komentar